Monografi Desa

0 Comments

Luas wilayah Desa Jungkare 1.031.300Hadan tanah yang luas merupakan area persawahan milik Masyarakat Desa Jungkare yang mayoritas berprofesi sebagai petani. Sehingga sektor pertanian merupakan potensi yang paling unggul di Desa Jungkare.
Hasil pertanian dari Desa Jungkaresangat bervariasi menyesuaikan musim, sehingga petani menentukan apa yang akan ditanam melalui musim, hasil pertanian Desa Jungkare antara lain: padi, jagung, kedelai,ketela pohon, ketela rambat, kacang tanah,dan beberapa jenis sayur dan buah

Masyarakat Desa Jungkare kebanyakan memiliki sawah yang dikelola sebagai asset jangka panjang, namun untuk memenuhi kebutuhan yang semakin tinggi, banyak Masyarakat yang memiliki hewan ternak sebagai sumber rejeki untuk memenuhi kebutuhan hidup. Selain di nilai cocok dan memiliki hubungan dengan pertanian, peternakan juga memberikan kemudahan bagi Masyarakat Desa Jungkare untuk saling memanfaatkan. Sebagian hasil dari pertanian dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak, sedangkan limbah kotoran dari hewan ternak juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kandang untuk tanaman di sawah, sehingga keduanya saling melengkapi. Peternakan yang umum di Desa Jungkare adalah sapid an kambing, rata-rata petani yang ada di Desa Jungkare, setidaknya memiliki satu ekor sapi sebagai hewan ternak, selain sapi Desa Jungkare kini mulai merintis sebagai desa produsen kambing terbesar se-kecamatan Karanganom.

Sumber Daya Manusia merupakan potensi terbesar yang dimiliki setiap daerah manapun didunia ini, karena tanpa Sumber Daya Manusia yang terampil, maka pembangunan tidak akan peran bisa terjadi. Maka dari itu, Desa Jungkare menjadikan Sumber Daya Manusia sebagai potensi terbesar yang dimiliki oleh Desa Jungkare khususnya.
Dengan adanya SDM yang memiliki kemampuan yang baik di dalam masyarakat, maka pembangunan Desa akan mengalami proses yang lebih cepat. Berikut adalah Sumber Daya Manusia yang ada di Desa Jungkare:
1. Jumlah Kepala Keluarga (KK) : 593   KKJumlah Penduduk : 2092 orang
a. Penduduk laki-laki : 1003 orang
b. Penduduk perempuan : 1089 orang

2. Penduduk menurut mata pencaharian
a. Petani : 102 orang
b. Pengrajin/ industry kecil : 7 orang
c. Buruh tani : 738 orang
d. Pedagang : 62 orang
e. Swasta : 28 orang
f. Pegawai Negeri Sipil (PNS) : 15 orang
g. ABRI : 0 orang
3. Jumlah penduduk menurut pendidikan
a. Tamat SD/ Sederajat : 276 orang
b. Tamat SLTP/ Sederajat : 387 orang
c. Tamat SLTA/ Sederajat : 553 orang
d. Tamat Akademi/ D1/D2D3/Sederajat : 13 orang
e. Tamat Perguruan Tinggi/S1/S2/S3 : 52 orang

Desa Jungkare

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: